Laman

Rabu, 30 November 2011

INTERNET: Jembatan yang membuat “Xlangkah Lebih Maju”



Gue adalah pengguna internet aktif sejak tahun 2005, mulai dari pinjem komputer teman, nyewa diwarnet, komputer desktop, laptop, sampai via mobile. Kalau dulu Internet tergolong kebutuhan Tersier, saat ini dengan semakin terjangkaunya akses akan teknologi, internet jadi kebutuhan Primer - yah minimal untuk akses facebook atau social media lainnya. Selama 7 tahun mengarungi bahtera per-internet-an gue suka gonta-ganti ISP (Internet Service Provider). Banyak alasan, misalnya jaringannya mulai lambat karena jumlah pengguna membludak, paket promo yang habis, atau sekedar ingin cari suasana baru. Menariknya eksperiment “coba-coba” itu akhirnya membuat gue tetap kembali ke kartu awal yaitu XL (total gue pernah pakai 9 nomer XL, saat ini punya 3 nomer XL aktif – dan sisanya adalah nomer yang hilang dengan sendirinya atau bersama hp-nya) *base on true story <- Penting*


Ok cukup prosesi basa-basinya, post ini akan menceritakan bagaimana Internet membuat gue pribadi dan bahkan orang lain menjadi Xlangkah Lebih Maju, secara kreatifitas, ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Kre-Aktif (Kreatif - Aktif), Ekonomi, dan Pendidikan

Internet beberapa tahun terakhir membuat gue memenangkan kompetisi dibidang IT (Information Technology), blog, menulis, dan kuis twitter.

Desember 2010 kemarin, gue mengikuti kompetisi design-konten blog kampus dan berhasil memperoleh peringkat I (pertama), domainnya saat itu JikaAkuMenjadiPanitia.tk tapi saat ini sudah tidak bisa diakses lagi karena masa gratisnya habis :D. Blog itu dibuat dalam waktu 2 malam, bermodal koneksi internet buat mengumpulkan data, upload konten blog, dan terakhir live presentation di depan dewan juri. Ini beberapa web lain yang pernah gue buat untuk keperluan organisasi - pnbwdc.blogspot.com & pnbitc.com


2 Bulan terakhir ini, gue juga berhasil memenangkan kompetisi blog dan kuis twitter. Hadiahnya emang nggak mobil (*berharap*), tapi hadiah seperti modem dan buku bisa jadi jembatan baru yang membuat gue terus jadi Xlangkah Lebih Maju kan?


Internet membantu gue meng-upload tugas yang nyerempet deadline pengumpulan, video berukuran besar ke kanal youtube, posting sampah-sampah status di twitter dan facebook, dan yang paling penting mem-posting tulisan ini :). Ada cerita menarik tentang proses uploading yang pernah gue alami, jadi ceritanya waktu upload sebuah video itu tinggal 20 menit lagi dan remaining time upload 15 menit, kalau saat itu internet bermasalah dan gagal upload sekali aja, gue dipastikan gugur menjadi peserta – betapa kecewanya jika pekerjaan selama 8 jam dianggap gagal karena perkara 15 menit.
“The vision is really about empowering workers, giving them all the information about what's going on so they can do a lot more than they've done in the past” -Bill Gates - Informasi  dapat membantumu melakukan hal yang lebih baik dari yang dilakukan masa lalu.
Gue memang orang yang suka nyerempet deadline karena beberapa pertimbangan, makanya koneksi yang memadai dan jarang bermasalah (gue nggak menyebut tidak tanpa masalah – karena tidak ada satu ISP pun yang bisa menjamin kita bebas dari masalah saat ber-internet ria) sangat sangat sangat membantu gue tidak kehilangan kesempatan berharga (nb: perulangan bukan karena keyboard rusak). Gue memilih untuk tetap berusaha bekerja pada deadline yang ditentukan dan mengambil setiap kesempatan yang ada, karena siapa tau kesempatan itu bisa merubah nasib gue, kalaupun gagal itu jadi satu poin tambahan yang membuat gue belajar Xlangkah Lebih Maju.


Suka nonton film tapi nggak punya duit, suka denger lagu tapi nggak mampu beli tape (gue jadul ya?), suka coba aplikasi atau games baru tapi nggak punya installer-nya. Dunia internet datang dengan solusi mudah dan murah pada gue dan bilang “pakailah….”. Hari itu oktober 2005 gue secara sah mengerti apa itu downloading. Proses dimana kita mengunduh, mengambil, mencuri #eh, atau memindahkan data dari satu media transmisi ke media lainnya (sumber: sekian ribu page di google). Inget jaman dulu bisa download gambar atau mp3 dengan rentan waktu 2 jam, dan jaman sekarang download film +600 MB CUMA CUMA (sengaja diulang supaya heboh) 15 menit. Selama 7 tahun ini gue menemukan sebuah teori bahwa jumlah download itu sebanding dengan pengetahuan – artinya semakin banyak dan cepat download (konten positif) seperti gue sedang meng-upgrade pengetahuan lebih cepat.  (maaf kalau berikutnya ada bahasa serapan yang nggak gue cetak miring lagi)


Internet menggantikan buku-buku pelajaran, referensi karya tulis yang gue buat, album foto, dan mungkin beberapa tahun kedepan televisi rumahan. Bayangkan penyataan yang bilang ilmu adalah milik orang-orang bangsawan hari ini mungkin harus diganti jadi milik orang-orang punya koneksi internet, perpustakaan besar ada di google, yahoo, bing, ask dan ratusan search engine lain. Kita hanya perlu sedikit KREATIF dan AKTIF dalam mencari dan mengakses informasi jika ingin jadi Xlangkah Lebih Maju dari orang lain. Internet itu sangat besar bagi kamu yang tau bagaimana menggunakannya.


Ini khayalan dan ekspresi masa depan gue saat kaget, kalau 3 kartu internet ini digabung jadi satu, download file 1 GB mungkin cuma perlu waktu 1 menit kali ya :P


Bicara soal kecepatan jadi inget peristiwa 2 minggu lalu saat datang ke sebuah event kreatifitas kampus, tapi gue nggak tau lokasinya dimana – sebenarnya niatnya nggak datang tapi karena banyak teman yang bilang hadir, dengan terpaksa gue memilih hadir juga (soalnya pakai ancaman absen -___-). Dalam 1 jam gue harus sudah ada ditempat, semuanya sudah standby dilokasi acara, pilihan gue jatuh ke google maps - berhenti setiap 15 menit dijalan buat cek lokasi, hebatnya gue sampai ketempat dalam waktu 30 menit layaknya orang yang tau jalan :P (Posisi di Bali, dan gambar orang itu ilustrasi yang gue buat untuk menggambarkan peristiwa saat itu).




Komodo, Kampanye, dan Koneksi

Apakah kalian komodo lovers? Atau dalam bahasa manusianya ikut vote komodo dalam event new7wonders? saking mudah dan murahnya biasa akses internet dan sms – gue dengan bangga upload 500 sms untuk komodo terus cerita ke temen lain yang nyeletuk “eh bukannya maksimal 100 ya? Kelebihannya bakal dianulir” – astagakomodo.


Bulan ini gue terpilih menjadi salahsatu kandidat Parlemen Muda Indonesia 2012 representative Bali, saat itu gue memasuki masa pemilihan atau voting online – kerennya semua tahapan penjaringan, mulai dari pemilihan awal, seleksi per-provinsi, kampanye, penulisan essai, komunikasi dengan panitia, dan pemilihan dilakukan via online dan facebook. Salah satu temen dari teman gue meminta dukungan orang Indonesia dari Rumania (kalau elu belum tau, Rumania itu di Eropa – gue juga baru tau setelah browsing). Internet benar-benar membuka banyak kesempatan, peluang-peluang baru, dan pengalaman berharga lain yang nggak bisa didapat bahkan saat gue offline. Bertemu dengan 5 x 33 Provinsi orang yang berbakat, kreatif, dan berprestasi dalam sebuah forum komunikasi tanpa harus kopdar (bertemu secara langsung) dengan biaya mahal. Apa elu masih mikir internet nggak bisa membuat kita Xlangkah Lebih Maju?


3 Hari lalu gw coba menjamah XL Hot Road 3G - gilak downloadnya nyentuh 300 KB/s , lebih tepatnya minjem koneksi adik gue yang berlangganan – saat ini gue masih aktif pengguna xlunlimited. Jaringannya baik banget di rumah dan kampus, 2 tempat yang paling sering gue kunjungi. Terima Kasih karena menemani gue selama ini mendapat banyak kesempatan berharga yang membuat jadi Xlangkah Lebih Maju – XL apapun promomu.



(Post ini dibuat untuk kebutuhan kompetisi #XlangkahLebihMaju - tidak ada maksud lain diluar hal tersebut, Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan)

INTERNET: Jembatan yang membuat “Xlangkah Lebih Maju” bit.ly/vzgSlu @XL123 #XlangkahLebihMaju

5 komentar:

  1. Selamat gan..
    dapet tuch Blackberry Torch nya...
    http://xl.co.id/InfoXL/PemenangMenulisBlogXL

    Sukses ya......

    BalasHapus
  2. [...] Pemenang ke-2 dan ke-3 ditempati oleh Bukik dan Fahri, masing-masing mendapatkan 1 unit Blackberry Torch. http://notinformation.com/internet-jembatan-yang-membuat-%E2%80%9Cxlangkah-lebih-maju%E2%80%9D.html [...]

    BalasHapus
  3. Sekali lagi, selamat dan salam hangat sehangat kopi susu kala hujan dari saya di Semarang :)

    BalasHapus
  4. artikel yang keren dengan design web yang keren juga

    selamat udah jadi jawaranya xl

    salam hangat dari banyuwangi :D

    BalasHapus
  5. wah,,, blog ini memang pantas menang.
    aku suka banget style & backgroundnya, selamat ya

    BalasHapus