Laman

Sabtu, 31 Desember 2011

Ekspektasiku untuk Realitas | Resolusi Juara 2012

Hari itu sebulan lalu saat gue membaca sebuah share link dari teman tentang lomba resolusi juara yang dibuat Telkom Speedy, di link http://telkomspeedy.com/node/440. Dasarnya gue adalah orang yang suka menuliskan resolusi hidup dari tahun ke tahun dalam sebuah note sederhana di ponsel, tetapi bedanya gue nggak pernah mencoba share tulisan itu ke orang lain.

Gue punya sebuah pemikiran kalau resolusi seseorang yang diumbar biasanya cuma jadi bahan ledekan orang lain, jadi lebih memilih untuk disimpan, kalaupun gagal itu jadi koreksi pribadi, atau jika sukses jadi kepuasan tersendiri buat gue. Tetapi dalam sebuah #quote di twitter, hari itu gue mendapat pencerahan. Mimpi itu harus diceritakan - mungkin ada yang tanya kenapa? (gue akan menjabarkannya dalam beberapa poin)
  • Kita jadi punya tanggungjawab sosial, untuk mewujudkan apa yang kita mimpikan.
  • Mungkin kita bisa bertemu orang yang punya mimpi sama, dan memulainya bersama.
  • Memotivasi orang lain, untuk berani bermimpi besar, tapi tentu dengan tindakan yang besar juga.
  • Kalaupun mendapat ejekan dari orang ngeyel, jadikan itu sebagai kekuatan posi(+)if agar kita lebih bersemangat.
  • Mimpi itu adalah sebuah ide / gagasan. Ketika membagikan mimpi artinya elu sedang berbagi sebuah konsep besar dalam hidup yang mungkin bisa jadi pegangan buat orang lain.


Mimpi / Ekspektasi / Resolusi terkadang memang nggak sesuai dengan Realitas / Kenyataan yang akhirnya terjadi,  jarak antara ini orang kenal sebagai Masalah / Problem. Panjang pendeknya jarak Gap ini tergantung oleh banyak faktor, bisa internal (usaha yang kurang / kemampuan tidak memadai) atau eksternal (dukungan orang tua / waktu / pekerjaan). Ketika punya problem artinya kenyataan tidak sesuai dengan apa yang elu harapkan, lalu bagaimana cara mengatasi semua ini? bagi gue sih kita buat lagi mimpi yang lebih pendek di garis Problem, dan bisa dipastikan Gap Problem berikutnya tidak akan lebih panjang dari sebelumnya.
Open Resolution will help you share with others, ask for help, and offer advice and help to others who have chosen to share their dreams, too. - A Year From Now
Sederhananya gue pengen bilang, Mimpi Jangka Panjang (MJPan) perlu Mimpi - Mimpi Jangka Pendek (MJPen), karena kesuksesan Mimpi Jangka Pendek bisa jadi pendorong semangat untuk mewujudkan Mimpi yang lebih besar. Setiap hal itu perlu proses yang tidak pernah instan. Mimpi besar harus dilewati dengan mencicil mimpi-mimpi kecil yang mengarah kesana.

Dan hari itu gue merubah paradigma negatif soal "membagikan mimpi" - menciptakan resolusi yang bisa dibaca oleh orang lain. Hari ini gue ingin membagikan mimpi-mimpi yang menurut gue besar, tujuannya hanya untuk menyampaikan poin-poin posi(+)if yang sudah gue jabarkan sebelumnya, dan kalaupun juara - itu jadi poin bonusnya :D. Ini adalah beberapa Resolusi Juara yang gue pilih dan berharap bisa terwujud sebelum lembaran 366 of 366 di 2012 berakhir.

1. Menulis Sebuah Buku

Gue suka menulis, mungkin lebih tepatnya menyalurkan hasrat curhat lisan ke dalam sebuah tulisan - membagikan sebagian cerita hidup gue pada orang lain, kan pepatah bilang "Sampaikanlah Walau Hanya Satu Ayat". Mungkin ungkapan "Buku adalah Gudang Ilmu, Membaca adalah Kuncinya" perlu ditambah sedikit kata "dan Penulis adalah Tukang Kunci dan Pembuat Gudang itu". Dulu seorang penulis harus punya kenalan penerbit besar, punya track record yang menjadikannya pantas menyandang gelar penulis, pengalaman puluhan tahun sebelum bukunya dikatakan layak untuk terbit. Tapi kemajuan internet merubah semua itu. Telah banyak online publisher yang sangat membantu penulis "anak bawang" seperti gue, bisa membuat karyanya dibaca lebih banyak orang lewat buku. Gue nggak perlu membeli buku tebal tentang cara menulis yang benar, atau punya network khusus ke penerbit skala besar untuk mewujudkan resolusi ini, yang diperlukan hanya belajar lewat internet, membaca referensi yang lebih banyak untuk menambah pengetahuan (karena membaca adalah bagian penting dalam menulis), dan setelah semua siap, membawanya ke online publisher untuk melihat seberapa besar permintaan pasar.


Awal bulan Januari 2012 ini, salah satu tulisan gue diapresiasi oleh Group "Share Your Unforgetable Moment 2011" untuk dimasukkan dalam buku bersama 130 cerita menarik lainnya. Gue mengenal Group ini dari internet, saat membaca salah satu posting Blogger yang ikut dalam kompetisi ini. Pengiriman naskah, Seleksi, Komunikasi, dan Informasi lain terkait penerbitan buku ini dilakukan lewat Internet, karena kontributornya (sebutan untuk anggota penulis di group ini) berasal dari berbagai pulau di Indonesia. Bukunya saat ini sudah bisa didapatkan di Gramedia seluruh indonesia. Bagi gue ini adalah sebuah pencapaian kecil (mimpi jangka pendek) untuk mencapai mimpi gue yang besar :). Dengan keberadaan internet resolusi gue ini menjadi semakin dekat dengan kenyataan.

2. Menjalankan Kembali Toko Online


Tahun 2010 yang lalu gue pernah mencoba membangun sebuah usaha online (e-commerce) bersama seorang teman yang berjauhan lokasinya. Saat itu kami memanfaatkan media sosial untuk promo dan penjualan. Namanya Bit Ice dan punya website dialamat http://bitice.co.cc. Tapi karena satu dan lain hal, usaha ini nggak gue jalankan lagi. Medianya masih ada dan kadang dimanfaatkan teman yang lain buat menjual produk mereka, mulai dari kaos, kacamata, sampai handphone. Gue berharap tahun ini bisa kembali berwirausaha lewat jalur e-commerce. Hasilnya paling nggak bisa membayar pulsa internet gue setiap bulan.

Pada Pekan Wirausaha Mahasiswa 2011 (PMW 2011), sebuah kompetisi wirausaha yang diadakan dikampus Politeknik Negeri Bali, gue menjadi salah satu dari 30 orang yang mendapatkan bantuan dana wirausaha sebesar 8 Juta. Gue mencoba mengangkat usaha di bidang Optic mengingat kacamata saat ini bukan cuma untuk membantu atau mengobati, bahkan ada yang menggunakannya untuk fashion. Pengalaman ini membuat gue lebih percaya diri mempertemukan peluang ini dengan luasnya pasar yang ada di Internet.

3. Mendapat Beasiswa Pendidikan


Mungkin judulnya perlu ditambah "Ke Luar Negeri" hehe. Bukan berarti gue nggak mempercayai kualitas pendidikan Indonesia, tapi lebih kearah ingin belajar dari culture yang berbeda, kan kita disuruh menuntut ilmu sampai ke negeri Cina, walaupun negara yang ingin gue kunjungi adalah Jepang, mungkin Cina berikutnya deh :P. Dulu waktu SMP gue suka terkagum dengan orang yang sekolah keluar negeri, pasti bokapnya kaya, pasti rumahnya gede, pasti orangnya pinter (kalau yang satu ini mungkin tak terbantahkan ya :P). Sampai gue mengenal internet dan mengetahui ada begitu banyak beasiswa pendidikan. Kita sudah disediakan sebuah pancing dan kolam dengan ikan yang besar, cuma masalahnya kemauan kita untuk belajar memancing dan nggak menyerah pada kegagalan pertama. Untuk informasi beasiswa gue mengikuti informasi yang diberikan Scholarships Beasiswa dan belajar bahasa Jepang atau English lewat streaming online pembelajarannya di http://www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/. Dunia Internet telah merubah pola pikiran dan cara gue belajar untuk mewujudkan Resolusi Besar ini - Intanetto Arigato :D

4. Mencari Lebih Banyak Teman




Ada sebuah teori menarik soal teman, gue menulisnya dalam sebuah catatan Ingatlah Hari Ini. Kenapa? karena teman telah membantu gue mencapai semua resolusi jangka pendek yang pernah gue wujudkan. Contoh paling sederhana, mereka memberi informasi, mengenalkan gue dengan orang luar biasa yang inspiratif, atau memberi saran dan kritik membangun ketika gue melakukan hal yang salah. Jadi bagi gue seluruh pencapaian seseorang pasti memiliki orang dibalik layar yang berjasa buat mereka.

Siapa yang membuat kita berminat masuk universitas tertentu? Terus pacar loe yang sekarang dikenalin sama siapa? Kalau lagi galau loe curhat ke siapa? Siapa yang kasih loe contekan? atau Siapa orang yang mau mendengar semua Resolusi Juara ini?. Dengan social media, gue berkomunikasi dan belajar dengan teman SMA yang tersebar di Jakarta, Malang, dan Bandung. Bertemu dan kenal dengan berbagai orang beda Universitas lewat event-event online seperti Parlemen Muda Indonesia dan SYUMITY 2011. Internet memberi ruang untuk berkenalan dengan lebih banyak teman, semoga tahun ini gue bisa menambah minimal 100 orang teman baru yang kenal secara personal bukan sekedar Add Friends atau Approve seperti di Facebook :)

5. Berlangganan Paket Internet Tercepat


Kali ini akan ada sedikit iklan :D, gue suka kesel ketika bertemu sebuah konten menarik di web dan tiba-tiba harus buffering, nunggu loading, atau download bermenit-menit. Itu berpengaruh besar mengurangi mood gue dalam belajar. Tahun 2012 ini gue berharap bisa berlangganan paket Speedy, minimal Paket Speedy Non MultiSpeed yang Profesional lah. Ada nggak hadiah gratis internet Speedy seumur hidup gue mau tuh :P

6. Mengikuti Lebih Banyak Blog Contest


Semenjak aktif di twitter, gue sering mengikuti kuis "kecil" dari beberapa akun produk barang / jasa. Hadiahnya lumayan, mulai dari buku, voucer belanja, sampai modem. Bagi gue kompetisi semacam ini jadi semacam pembelajaran untuk mengasah pemikiran kita ketika diminta berpendapat atau membuat kata kreatif untuk sebuah produk. Gue juga jadi rajin buat mencari pengalaman dalam menulis (bisa juga dibilang pendukung resolusi pertama). Semoga 2012 ini gue bisa memenangkan hadiah yang lebih besar dari Modem, tapi itu udah Alhamdulillah Yah - Sesuatu.

7. Membuat GIS Pariwisata Bali (dengan Google Maps)


GIS (Geographical Information System) atau indonesianya Sistem Informasi Geografis Potensi Pariwisata Bali dalam proses pembuatan. gue tinggal di Bali dan melihat potensi pariwisata yang belum coba dihubungkan dengan teknologi pencatatan lokasi digital. Awalnya ini cuma jadi tugas akhir salah satu mata kuliah di kampus, tapi kalau mimpi ini bisa dibawa keranah publik mungkin bisa membantu menyebarkan potensi-potensi di Bali yang belum terdokumentasi dengan baik dalam sebuah media geografis, rencananya terintegrasi Google Maps dan punya beberapa Kategori, saat ini masih dalam tahap pengembangan. Semoga 2012 Resolusi ini telah utuh menjadi Realitas.

8. Membuat Sosial Movement


Akhir 2011 kemarin gue bersama 2 orang lain, yang berbeda universitas sepakat untuk mengajukan sebuah proposal pendirian cabang Indonesia Future Leaders Bali, sebuah komunitas sosial non profit yang bergerak di bidang Capacity Building, Community Service, dan Advocacy. Melihat track record para pemudanya yang telah membawa banyak perubahan positif untuk Indonesia, membuat kita sepakat untuk menciptakan gerakan yang sama itu di Bali. IFL tidak bekerja sama dengan Partai Politik apapun, murni non profit dan lahir karena kepedulian pemuda pada bangsanya - Indonesia. Mereka menjaring volunteer dari sosial media, mengadakan semacam kompetisi event seperti Parlemen Muda, SoV, Inspire Cast, yang penyebaran dan pemilihannya via Internet (Milis, Facebook, dan Twitter). Sampai tulisan ini dibuat, kami di Bali sudah melakukan 2 kali pertemuan membahas proposal yang berisi Visi, Misi, Program Jangka Pendek, Jangka Panjang, Pendanaan, dan Analisis SWOT setelah ini dikirim akan ada tahap diskusi dan seleksi melalui media Skype karena jarak kita yang berjauhan. Gue berharap ini bisa terwujud, karena selama 20 tahun gue hidup rasanya ada yang kurang ketika hanya memikirkan diri sendiri dan hanya ber-simpati tanpa aksi pada isu sosial di Bali, Resolusi gue sederhana - berharap proposal ini diterima dan seluruh program sosial yang dibuat bisa berjalan dan membawa manfaat.

Semua resolusi yang gue buat ini punya sebuah kebutuhan yang sama, INTERNET untuk mewujudkannya. 8 Poin yang telah gue tulis itu bukan mimpi yang dibuat dalam semalam, itu beberapa mimpi besar yang telah coba gue "cicil" lewat menuntaskan mimpi-mimpi kecil atau jangka pendek sejak beberapa tahun lalu. Mungkin bagi sebagian orang ini bukan Resolusi Juara mereka- tapi Menurut gue Resolusi Juara adalah ketika seseorang berani bermimpi - apapun itu, yang berharap pada 2 hal, Bisa membahagiakan Dirinya Sendiri dan juga Orang Lain.

Lalu bagi kalian, Apa makna dari Resolusi Juara? :)


Post ini diikutsertakan dalam "Lomba Blog Resolusi Juara 2012" yang diselenggarakan Telkom Speedy. Info lebih lanjut silahkan akses http://telkomspeedy.com/ dan berbelanja online di http://store.telkomspeedy.com/

Sumber:
*Pengalaman Pribadi
*Arsip Twitter, Facebook, dan Komputer
*Ilustrasi Image Japan di Google

17 komentar:

  1. Menurut gue/ saya / aku, Resolusi Juara adalah ketika orang berani maju kedepan dan benar-benar membuat mimpinya menjadi kenyataan tanpa takut ditertawakan orang. Apapun mimpinya yang jelas mempunyai tujuan bisa membuat diri sendiri dan orang tua atau orang terdekat bangga.
    @Dwiki Junior Chen Gps

    BalasHapus
  2. Awalnya saya malas berkomentar tentang postingan resolusi juara yang lagi ramai di blog teman-teman ini. Bagaimana mau berkomentar, bacanya saja malas ;D

    Tapi pas tiba disini, satu postingan sukses saya baca sampai selesai. Mungkin karena setiap paragraf diberikan jeda sejenak untuk mata berupa gambar2 yang berkaitan dengan isi postingan ;D

    Oh iya, yang poin ke 6 itu..hihi, toss! kita sama! saya juga pengen ikutan lebih banyak kontes blog lagi di tahun ini..hehehe

    BalasHapus
  3. Menurut gue resolusi juara adalah memaksimalkan diri dengan berusaha dan doa untuk berangkatkan bapak emak gue naik haji..

    BalasHapus
  4. Wah, tulisannya bagus banget. Suka Gue bacanya.

    Btw, kalo bicara soal resolusi, Gue pribadi ngga bisa sembarangan ngomong. Coz, menurut Gue, resolusi itu bukan cuma sekedar harapan atau mimpi belaka, tapi lebih ke tujuan dan rencana hidup yang sebisa mungkin HARUS diwujudkan. Jdi di sini ngga cuma ngandelin lidah yg lentur alias ngomong doang. Tpi juga butuh effort yang luar biasa besar. Entaah itu berupa pengorbanan waktu, kesenangan, tenaga dan juga uang.

    :)

    BalasHapus
  5. Mungkin bisa dibilang resolusi kita hampir sama bang, pada poin pertama kita sama-sama ingin menulis sebuah buku. Memang menulis juga salah satu hobiku :)

    Poin keduanya kalau boleh saya kasi saran, jangan pake domain .co.cc bang, sebab domain itu sudah diblokir SERPnya oleh google :) Saya juga ingin membuat toko online, tapi itu masih belum menjadi prioritas :)

    Nah, yang ketiga ini, alhamdulillah saya sedang berdomisili di Jerman, mungkin saya mendapatkan kesempatan untuk lebih dulu meweujudkan impian saya. Alhamdulillah

    Memiliki banyak teman itu sudah pasti, bukan sebuah resolusi lagi, tapi bisa dibilang itu adalah kewajiban bagi kita sebagai makhluk sosial :))

    Yap! Satu hal lagi, blog contest, saya ingin sekali mengikutinya, tapi sayang, dari sebagian banyak kontes yg diadakan, salah satu syaratnya adalah domisili dalam Indonesia, sayang banget, seperti lomba speedy ini. Hasrat ingin ikut tapi tempat tak mendukung :D

    Untuk poin nomor 7 saya rasa itu luar biasa sekali bang! Saya doakan semakin cepat terwujud semua resolusinya! Semangat :D

    BalasHapus
  6. hmm.. jujur ya kak, dari berbagai resolusi juara yg pernah saya baca, yang ini yang paling JUARA :D

    dan resolusi juara menurut saia :

    Suatu harapan, impian atau keinginan biasa, ia akan menjadi juara ketika orang yang mengharapkannya selalu percaya bahwa keinginannya suatu saat PASTI terlaksana.
    Ketika keinginan itu dicapai dengan cara yang baik, dan tentu dengan doa.
    Ketika keinginan itu bukan sekedar tulisan dalam secarik kertas, tapi seperti oksigen dalam tubuh manusia (oksigen selalu dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan impian selalu dibutuhkan untuk agar selalu ada hari esok)
    dan yang PALING penting, sebuah resolusi akan menjadi JUARA apabila harapan itu membawa manfaat bukan hanya untuk satu orang saja tapi juga untuk orang banyak, karna sebaik-baiknya manusia ialah orang yang bermanfaat bagi lingkungannya..
    @Sarahnarin


    :D

    BalasHapus
  7. Resolusi Juara (menurut gue) adalah ketika seseorang dapat melakukan sesuatu yang menurut orang lain tidak mungkin mampu, dia bisa melakukannya dengan baik.
    @febykdewi

    BalasHapus
  8. Settttt dahh!!!, panjang bener tulisannya.. sampe lier mata nih...

    "se-Usaha apapun dalam perbuatan kita bila Tuhan belum menghendaki maka itu akan menjadi sebuah sia-sia. Tetapi jangan sia-siakan perbuatan kita karena itu adalah sebuah peningkatan dalam berpikir,berusaha,berdoa untuk qualitas hidup dan meraih kuantitas hidup"


    Good luck untuk resolution dari temen2 biar terwujud dah.....

    BalasHapus
  9. asik baca postingan blognya sambil dengerin "Ingatlah hari ini" nya Project Pop :)

    Resolusi emang harus dikasih tau, diumbar, dan disebar luaskan. Tujuannya buat memberikan kondisi kritis, artinya kalau kita gagal pasti bakal malu, makannya kita harus berhasil mewujudkannya (inget MESTAKUNG :D)

    Resolusi Juara menurut gue adalah resolusi yang mungkin bagi setiap orang menjadi bahan tertawaan dan mustahil diwujudkan, tapi kita masih berusaha mewujudkannya dengan mental juara :) - @ramy0809

    BalasHapus
  10. Menurut saya, Resolusi Juara bukanlah sekedar catatan yang dibuat di awal tahun untuk kemudian 'dilupakan' sepanjang tahun. Resolusi Juara adalah daftar kegiatan yang ingin dicapai oleh pembuatnya di tahun berikutnya dan dijalankan dengan tekad kuat.
    Resolusi Juara dapat dianalogikan sebagai sebuah misi yang ada di dalam sebuah game perang. Pembuat Resolusi Juara adalah komandan perang yang diserahi misi tersebut. Setiap checkpoint yang dapat diambil komandan perang dalam menjalankan misinya adalah pencapaian terhadap mimpi jangka pendek. Walau banyak rintangan dan musuh, si komandan perang tidak menyerah. Game Over hanyalah masa ketika kemampuan gagal bertemu dengan kesempatan. Keduanya bisa bertemu jika komandan berjuang dengan teguh dan bertekad kuat. Hingga akhirnya mission completed, resolusi tercapai. Level up, misi selanjutnya dari permainan perang ini adalah resolusi juara dengan tingkat lebih tinggi di tahun selanjutnya.

    BalasHapus
  11. Resolusi juara itu

    usaha seseorang unruk berupaya mencapai target2 yang ia miliki. gak pantang menyerah meskipun gagal dan terus menerus beusaha dan berupaya menyelesaikan MISInya :)

    Intinya resolusi juara menurutku itu, tidak terletak pada hasil akhir. Tapi, resolusi juara terletak pada upaya, kegighan kita untuk mencapai target yang kita inginkan :)

    BalasHapus
  12. Resolusi Juara ya?...emmm..menurutku Resolusi Juara itu tidak hanya sekedar pengharapan saja, tak hanya kita menulis serangkaian impian kita di masa mendatang, namun perlu adanya pembuktian lewat usaha kita dan tentu saja doa, pastinya kita akan mendapat hasil sesuai dengan usaha kita untuk mencapai apa yg kita torehkan dalam barisan mimpi Resolusi Juara kita^^

    BalasHapus
  13. resolusi juara bagiku adalah menggambar impian...
    tidak hanya di berimajinasi (berekspektasi)
    kita juga harus menggambarnya (mewujudkannya) :)

    Muhammad Nasihin - anak lelaki yang sedang menggambar impiannya

    @xinnosuke

    BalasHapus
  14. Bagi aku pribadi,
    Resolusi Juara adalah perencanaan jangka panjang yang bisa tercapai jika rencana-rencana kecil yang mengiringinya, kita wujudkan terlebih dahulu. Intinya, kita mampu menuntaskan resolusi kecil dan mewujudkan resolusi besar yang menjadi inti pencapaian :)

    BalasHapus
  15. Saya ingin beasiswa! Tapi sayangnya saya bingung, karena kendala usia saya masih muda, tetapi ijazah SMA saya sudah keluar di tahun 2006. #curhat

    Untuk tahun ini, resolusi juara saya adalah :
    1.Semakin dekat dengan Allah. Ya, orang yang di hatinya penuh cinta dengan Yang Maha Penyayang, gak akan marah-marah, kayak hal yang sering aku lakuin di tahun lalu.

    2.Kuliah Ekstensi Lancar Jaya. Aku gak mau ngecewain orang tua dan diriku sendiri.
    3. Bisnisku Juaraku, semoga website yang gue rancang selesai dan bisnisku melangkah maju.
    4. Jadi nerbitin buku. Yap, buku yang udah setengah taun ini gue kerjain gak juga aku selesain. Alhasil, aku hanya diomelin sama tentor.
    5. OPEN MIC Stand Up Comedy. Aku pengen banget bisa open mic. Hhmmm.
    6. Mengabdi di dunia Pendidikan dan Kreativitas semakin sukses. Gue gak pengen ninggalin dunia ini. Gue suka mengabdi ke masyarakat.

    Amin. Semoga terwujud, resolusi mas juga, jangan lupa berdoa, karna sebesar apapun usaha kita tetap Sang Pencipta yang menentukan :)

    BalasHapus
  16. semoga ekspetasinya tercapai kawan. yang penting siap2 aja kalo gak berhasil, kalo ekspetasinya terlalu tinggi sakitnya pun makin terasa.
    #waduh mama rani komentar gitu mungkin belum ke blog saya -- promo, he.

    BalasHapus
  17. bagus ya... ^_^ yang udah tercapai memang sudah bagus, tapi semoga bisa jadi lebih baik lagi... XD Amin

    BalasHapus