Laman

Jumat, 22 November 2013

Bali Community Day 2013 | #BaliCommDay13

gw jadi ingat sebuah tweet dari @reneCC - "kita mungkin tidak bisa menyelesaikan semua masalah, tapi kita pasti bisa menemukan seseorang yang bisa menyelesaikan sebuah masalah.". ibarat berpacaran (kolaborasi), semuanya harus dimulai dari pertemuan (datang), kemudian saling pe-de-ka-te (mengapresiasi). 

-----
Melanjutkan kesuksesan Minggu Apresiasi dalam mengumpulkan beberapa komunitas yang ada di Bali dalam sebuah wadah, tercetuslah ide untuk membuat Bali Community Day.

Bali Community Day (yang selanjutnya disingkat BCD) merupakan acara perdana dengan tujuan untuk mengumpulkan komunitas-komunitas yang ada di Bali, baik yang terbentuk atas kesamaan hobi & misi sosial di satu tempat, dimana mereka mempunyai kesempatan untuk mengenalkan komunitasnya, melalui presentasi atau booth – booth yang tersedia. Pada acara BCD ini masyarakat umum pun dapat hadir, sehingga masyarakat mengetahui komunitas  dan komunitas pun juga mengenali masyarakatnya. Antar komunitas pun dapat saling berjejaring, sehingga diharapkan satu komunitas dengan komunitas lainnya kemudian mempunyai hubungan yang baik dan dapat bekerja sama di masa mendatang.

BCD diadakan di Gedung Sasana Budaya Desa Kertalangu pada hari Minggu, 17 November 2013 dari pagi hingga sore hari. BCD terselenggara berkat kerjasama dengan Indonesia Berkebun, sebuah inisiatif gerakan yang lahir karena kurangnya lahan untuk bercocok tanam di daerah perkotaan. Indonesia Berkebun menyelenggarakan Konferensi se – Indonesia yang bertempat di Tanah Lot, Bali. Diantara rangkaian acaranya ada kegiatan panen bersama di daerah Jimbaran, dan BCD menjadi puncak acara #IDBerkebunConf.

Keberagaman adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kegiatan BCD, berkumpul 18 komunitas dari berbagai concern, berbagi tentang apa yang sudah dan apa yang akan mereka lakukan. Mulai dari yang terbentuk karena keresahaan tentang sebuah isu, hobi yang sama, atau komunitas yang terbangun menjadi organisasi karena kesamaan visi.

Melengkapi pemahaman tentang berjejaring sosial, shafiq pontoh (seorang penggiat social media @IDBerkebun, @ID_AyahAsi dan @IDBerkibar)  berbagi tentang bagaimana membangun gerakan sosial yang dimulai dari masalah untuk menjawab solusi dan bukan sebaliknya.

Di Bali Community Day diramaikan oleh penampilan seperti: ‘ngelawang’ yang dipersembahkan oleh Pribumi Bancingan Batubulan, UKM Kesenian UNUD & Sweat as Cherry dengan musik Pop-nya, Emoni dengan music pop – etnik Bali, ditengah penampilannya Emoni berkolaborasi dengan Pribumi Bancingah Batubulan membawakan lagu tradisional Bali yaitu ‘meong – meong’, Pygmy Marmoset dan Senja Hening,  band yang masing – masing beranggotakan dua orang personil ini, membawakan lagu – lagu syahdu dan berlirik puitis penuh makna, ditutup penampilan modern dance oleh komunitas SONE Bali.

Bali Community Day tidak akan terselenggara dengan baik tanpa adanya dukungan dari banyak pihak. Pertama, individu dari berbagai komunitas yang melebur menjadi satu tim solid. Kedua, dukungan dari berbagai sponsor dalam bentuk materiil maupun non materiil sejak proses hingga hari penyelenggaraan, terakhir masyarakat umum yang hadir dan mengapresiasi Bali Community Day.

Bali Community Day mengusung tagline come, appreciate & collaborate bermaksud menyampaikan sebuah pesan sederhana tenang pentingnya kebersamaan ditengah keberagaman, semuanya diawali dengan pertemuan, lalu saling mengapresiasi untuk kemudian melahir kolaborasi.


Sampai jumpa di Bali Community Day mendatang. Kapan? bukan kami atau kalian yang menjawab, tapi kita.

LIST KOMUNITAS

No
Nama
Keterangan
1
Bali Deaf Community / Gerkatin
Organisasi untuk muda mudi difable Bali yang ingin membangun kesadaran berkomunikasi dengan masyarakat umum.
2
Indonesian Future Leaders Chapter Bali
Organisasi nirlaba yang bergerak pada bidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial.
3
SONE BALI (Dibaca : Sowon Bali)
Fanbase Girls' Generation (Korea) di Bali
4
Sampoerna Foundation Scholar Club
Organisasi perkumpulan penerima beasiswa Putra Sampoerna Foundation.
5
Bali Fashion Blogger
Komunitas perkumpulan anak muda pencinta fashion seluruh Bali yang berawal dari online untuk offline.
7
Bali Outbound
Penggiat komunitas hijau, melali (jalan-jalan, berpetualang), sosial, advokasi lingkungan.
8
Markas Kecebong
Kelas belajar untuk anak – anak marginal dan kurang mampu di Denpasar
9
Pribumi Bancingah Batubulan
Sekumpulan anak muda yang mempunyai misi melestarikan budaya Bali, demi keberlanjutannya bagi generasi penerus.
10
Ayah Asi Bali
Komunitas Ayah yang support  ASI sebagai inisiasi bagi Ibu untuk Bayi
11
Comicotopia
Komunitas komikus muda. Sharing ide antara para penulis, komikus, dan illustrator.
12
Bali Young Enterpreneur
Komunitas ini merupakan perkumpulan wirausha muda se - Bali dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Olahraga.
13
Earth Hour Denpasar
Kampanye global WWF yang mengajak penduduk dunia, mulai dari individu, komunitas, pelaku bisnis, hingga pemerintah untuk bersama-sama peduli upaya penurunan emisi karbondioksida yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global hingga akhirnya berdampak pada perubahan iklim.
14
Arise Indonesia & The Sanur Space
Komunitas yang fokus ke anak-anak marginal & penyediaan ruang untuk bekerja dengan fasilitas internet
15
Rumah Belajar Lentera
Komunitas Belajar bagi anak-anak desa Siangan, Gianyar.
16
Kampoeng Ilmu
Komunitas ini sebagai model pembelajaran dan membangun motifasi anak-anak untuk terus menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Peningkatan kualitas dan membangun akses ilmu pengetahuan yang lebih luas. Serta sebagai media pengabdian masyarakat untuk mahasiswa dalam bidang pendidikan.
17
Bali Mendidik
Forum untuk mengedukasi Pemuda tentang kewajiban mengabdikan diri untuk dunia pendidikan.

_______________
(diambil dari rilis kegiatan #BaliCommDay13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar